Selasa, 14 Januari 2014

BAHAYA SOMBONG DAN PERUSAK

BAHAYA SOMBONG DAN PERUSAK

Firman Allah Swt :

   "Negeri akhirat (kebahagiaan dan kenikmatan akhirat) itu KAMI jadikan untuk orang-orang yang tidak menginginkan kesombongan (tinggi hati) dan berbuat kerusakan di bumi. Dan kesudahan (yang baik yaitu Sorga) diperuntukkan bagi orang-orang yang bertakwa. (Surah Al Qashash (28) ayat 83)

Kandungan ayat :

     1.Sifat sombong dan perusak itu adalah penghalang jalan untuk masuk sorga.
     2.Ada dua jenis kesombongan yaitu sombong terhadap Allah Swt dan sombong terhadap sesama manusia.Sombong terhadap Allah misalnya tidak mau mengakui keesaan Allah, enggan beribadah dan berdoa kepada Allah. Enggan menerima agama Allah (Islam) dan menerima Al Qur'an (Kitab Allah).Mereka ini termasuk kafir yang diancam masuk neraka selamanya. Sombong terhadap manusia misalnya menghina,mencela,merendahkan dan berpaling dari manusia.Nabi Muhammad Saw bersabda : "Kesombongan itu adalah menolak kebenaran (Islam) dan merendahkan manusia" HR.Muslim (Terjemah Kitab Riadhusshalihin I /504).Sombong terhadap sesama manusia adalah haram yaitu berdosa.
Nabi Saw juga bersabda: "Sukakah saya beritahukan kepadamu tentang orang-orang ahli neraka ? yaitu orang-orang yang kejam (bengis tidak berkeprimanusiaan), rakus dan sombong ".HR.Bukhary Muslim
   3.Ungkapan sombong. Sombong dengan jabatan/pangkatnya,dengan kecantikan/ketampanannya, dengan kekayaannya, dengan kepandaiannya, dengan amal shalihnya, dengan ibadahnya dsb.
   4.Perusak tidak hanya merusak lingkungan, budaya, pendidikan, tubuh (misal dengan tato), peperangan, juga perusak Aqidah Tauhid dengan syirik, ibadah dengan bid'ah dlolalah, dan juga akhlaq dengan budaya barat/timur yang tidak islami.Juga termasuk perusak masa depan,hubungan persaudaraan, perdamaian, pernikahan dan silaturrahim.
Allah Swt berfirman :"Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan." (Surah Al Qashash (28) ayat 77)
Nabi Saw bersabda :"Tidak akan masuk sorga orang yang memutuskan (hubungan silaturrahim)".(HR.Ahmad,Bukhary Muslim,Abu Daud)
  5.Orang-orang yang bertakwa selalu berusaha menjauhkan diri dari sifat sombong/angkuh dan sifat perusak.Karena itu mereka dirindukan oleh sorga.Mereka akan dimasukkan ke dalam sorga oleh Allah Swt.Semoga kita terjauh dari sombong dan perusak (destroyer).Amien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar