Kamis, 02 Januari 2014

LUPA KEPADA ALLAH SWT

Penyebab lupa kepada Allah dan akibatnya

     Firman Allah Swt :
      "Setan telah menguasai mereka, lalu menjadikan mereka lupa mengingat Allah; mereka itulah golongan setan.Ketahuilah  bahwa sesungguhnya golongan setan itulah golongan yang merugi.
     (QS.Al Mujaadilah (58) ayat 19)

  Kandungan ayat
     1.Jelas setanlah yang menyebabkan manusia lupa mengingat Allah (lupa bersyukur,beribadah,dan taat kepada Allah)
     2.Orang yang dikuasai oleh setan dan berprilaku seperti setan maka dia termasuk kelompok setan yang pasti merugi karena di dunia dia akan melakukan kedholiman yang dibenci banyak orang dan di akhirat dia akan diancam dengan siksa neraka jika tidak bertobat.

   Firman Allah Swt :
    "Dan janganlah kamu seperti orang-orang yang lupa kepada Allah,lalu Allah menjadikan mereka lupa kepada diri mereka sendiri.Mereka itulah orang-orang yang fasik.
      (QS.Al Hasyr (59) ayat 19)

  Kandungan ayat
     Jika manusia lupa kepada Allah yaitu lupa untuk taat beribadah,berdzikir kepada Allah,maka Dia akan menjadikan mereka orang-orang yang lupa pada dirinya sebagai makhluk dan hamba Allah.yang seharusnya bersyukur kepadaNya.Allah akan memberikan  kebebasan bagi setan untuk menggodanya dan akhirnya dia menjadi orang yang fasik,yaitu orang yang suka melanggar ajaran Islam.Karena lupa kepada Allah,lupa kepada nikmat,perintah dan laranganNya,maka mereka tidak mendapat perlindungan Allah dari godaan setan.

 Firman Allah Swt :
     "Dan barangsiapa berpaling dari mengingat Tuhan Yang Maha Pemurah,Kami (Allah) adakan baginya setan,maka setan itulah yang menjadi teman yang selalu menyertainya."
     (QS.Surah Az Zukhruf (43) ayat 36)

 Kandungan ayat
     Orang yang berpaling,menjauhkan diri dari berdzikir,beribadah kepada Allah, maka Dia akan membiarkan setan menjadi teman dekatnya.

Firman Allah Swt
    "maka janganlah sekali-kali kehidupan dunia memperdayakanmu, dan jangan pula penipu (setan) memperdayakanmu dalam (beribadah,berdzikir) kepada Allah."
     (QS. Luqman (31) ayat 33)

  Kandungan ayat
   Dunia (harta,jabatan,anak,istri) dan setan jangan sampai mengganggu,menghalangi kita untuk taat beribadah kepada Allah

Firman Allah Swt
   "Hai orang-orang mu'min, janganlah harta-hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari dzikrullah.Barangsiapa yang berbuat demikian maka mereka itulah orang-orang yang merugi."
    (QS.Al Munaafiquun (63) ayat 9)

  Kandungan ayat
     Harta dan anak tidak boleh melupakan kita untuk aktif beribadah/berdzikir kepada Allah

Semoga Allah Swt selalu melindungi kita dari godaan dunia dan setan yang menyebabkan kita lupa untuk beribadah dan berdzikir kepadaNya dalam situasi apapun.Amien

Tidak ada komentar:

Posting Komentar