Rabu, 01 Januari 2014

MENGENAL ALIRAN/PAHAM MENYIMPANG/SESAT

Setiap muslim yang ingin selamat agamanya harus mengenal aliran/paham dalam Islam yang menyimpang/sesat.Kita harus waspada terhadap orang-orang yang akan menyesatkan kita dalam masalah agama.                                                                                                                                                       Allah Swt mengingatkan kita dalam  QS.Al An An'aam (6) ayat 116
   "Dan jika kamu menuruti kebanyakan (mayoritas) orang-orang yang ada di muka bumi ini, niscaya mereka akan menyesatkanmu dari jalan Allah (Islam).Mereka tidak lain hanyalah mengikuti prasangka (dugaan-dugaan) dan mereka tidak lain hanyalah berdusta (terhadap Allah)."

Kandungan ayat di atas :
  1.Mayoritas manusia banyak yang berencana menyesatkan umat Islam.Umat Islam dilarang menuruti,mengikuti Kelompok Penyesat itu.
  2.Kita harus waspada,kritis selektif (tidak mudah percaya) dan menjauhi taqlid buta (mengikuti tanpa ilmu/tanpa belajar secara mendalam) dalam menghadapi usaha penyesatan mereka.
  3.Kelompok Penyesat itu hanya berdasar pada dugaan/prasangka yang jauh dari kebenaran (tidak berdasar pada Al Qur'an Hadis).
  4.Kelompok Penyesat itu suka berdusta/berbohong,menghalalkan segala macam cara.

Cara Mengenal/Mendeteksi Paham/Aliran Sesat/Menyimpang

 1.Bagi muslim yang berilmu (ulama)  mudah mengenal kesesatannya dengan mudah lewat tulisan,pernyataan,kitab rujukannya (kelompok penyesat itu)

 2.Bagi muslim yang awam (tidak pandai) dalam ajaran Islam,bisa mengikuti fatwa-fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), LPPI Lembaga Penelitian dan Pengkajian Islam) dan fatwa pemimpin organisasi yang sudah sah/legal yaitu NU,Muhammadiyah,Persis,Al Irsyad,Hidayatullah dll)

3.Harus memiliki dan mempelajari buku-buku seperti Aliran dan Paham Sesat di Indonesi oleh Hartono Ahmad Jaiz,Penerbit Pustaka Al Kautsar,Jakarta Timur,Membedah Firqoh-Firqoh Sesat oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah,Penerbit Al Qowam,Solo dll

4.Ketik di google (internet) aliran-aliran sesat menurut MUI.

5.Sampai detik ini fatwa-fatwa MUI diterima oleh kedua organisasi Islam yang besar NU dan Muhammadiyah.Tidak perlu diragukan.

Ciri-ciri lain Aliran Sesat

1.Gerakannya sembunyi-sembunyi (tidak terbuka)
2.Pemimpinnya dan anggotanya tidak memiliki ilmu agama yang mumpuni secara akademis/pesantren
3.Tidak berani debat terbuka (bukan karena takut ancaman)
4.Tidak memiliki buku,majalah yang secara terbuka menampiilkan ajaran/pemikirannya.
5.Taqlid butanya tinggi (tidak mau mengkritisi pemikiran gurunya/pemimpinnya walaupun mereka mampu) dan tidak mau mempelajari pemikiran yang berbeda,tidak mau mengadakan studi banding.Gurunya mengajarkan untuk taqlid buta hanya kepada dia.
 Ketik di google : 10 ciri aliran sesat menurut MUI

Hindari keluarga kita dari Murtad dan Aliran/Paham Sesat agar selamat Dunia Akhirat.Kalau kita bisa membeli rumah dan mobil mewah,mengapa tidak bisa membeli buku-buku untuk keselamatan kita.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar